TEKS

Kamis, 08 Mei 2014

Makalah



ANALISIS JURNAL
KOMPENSASI SEBAGAI MOTIVSI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWA
A.      . DISKRIFSI ISI SINGKAT JURNAL
Dalam menjalankan kegiatan usahanya, suatu perushaan tentunya membutuhkan berbagai sumber daya manusia, yaitu para karyawan. Karyawan merupakan sumberdaya yang penting bagi perusahaan, karena memiliki bakat, tenaga dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya.
Bagi seorang karyawan, harapan untuk mendatangkan uang adalahnya satu-satunya alasan untuk bekerja, namun yang lain berpendapat bahwa uang hanya salah satu dari banyak kebutuhan  yang terpenuhi melalui kerja.
Imbalan ekstinsik mencakup kompensasi langsung. Konpensasi tidak langsung  imbalan bukan uang. Termasuk dalam kompensasi langsung aantara lain adalah gaji pokok, upah lembur, pembayaran insentif, tunjangan, bonus, sedangkan termasuk kompensasi tidak langsung antara lain jaminan sosial, asuransi, pensiun, pesangon, cuti kerja, pelatihan dan liburan.
              Imbalan bukan uang juga penting untuk diperhatikan oleh perusahaan, misalnya mengenai rasa aman. Semakin banyak simpol yang dimiliki oleh seorang akan memperoleh fasilitas-fasilitas perumahan, fasilitas kenderaan, atau memperoleh kenaikan pangkat, mka karyawan yang bersangkutan akanmerasa berhasil memuaskan kebutuhannya. Salah satu kebutuhan yang terpusatkan misalnya kebutuhan untuk menghargai dan dihormti oleh orang-orang dalam lingkungan kerjanya atau masyarkat disekitarnya.
 Kompensasi Total
              Kompensasi total dapat diklasifikasikan dalam tiga kompenen utama, yaitu:
a. Kompensasi dasar
Kompensasi yang jumlahnya dan waktu pembayanaranya tetap, seperti upah dan gaji.
b. Kompensasi variabel
Kompensasi yang jumlahnya bervariasi ini dirancang sebagai penghargaan pada karyawan yang berprestasi baik. Termasuk pembayaran intensif pada individu dan kelompok. Bonus, pembahagian keuntungan, rencana kepemilikan saham karyawan.
c. kompensasi total
Yang termasuk dalam komponen ini adalah

  • Perlindungan umum, seperti jaminan sosial, pengangguran dan cacat.
  • Perlindungan pribadi dalam bentuk pensiun, tabungan, pesangon tambahan dan asuransi
  • Pembayaran saat  tidak bekerja seperti pada waktu mengikuti pelatihan, cuti kerja, sakit saat libur, acara pribadi
  • Tunjangan siklus hidup dalam bentuk bantuan hukum, perawatan orang tua, perawatan anak, program kesehatan, dan konseling.

              Dalam kenyataanya, kompensasi yang diberikan oleh suatu perusahaan tidak selalu meliputi semua jenis kompensasi dapat bervariasi, biasanya berdasarkan pendapat pimpinan dan menejemen perusahaan tentang penting tidaknya konpensasi.
 
B.      KEKUATAN DAN KELEMAHAN
Kekuatan:
Tujuan jurnal ini jelas dan lengkap sesuai dengan teori
Kelemahannya:
Penulisan terlampau padat sehingga menjadikan pembaca agak bosan
 C.      PEMBAHASAN
Menurut Schuler dan janson (1999) pada prinsipnya imbalan dapat diedakan menjadi dua , yaitu imbalan instrinsik dan imbalan ekstrinsik. Imbalan instrinsik adalah imbalan yang diterima oleh karyawan untuk dirinya sendiri, biasanya imbalan ini merupakan nilai positif atau rasa puas karyawan terhadap dirinya sendiri karena telah menyelesaikan  suatu tugas yang baginya cukup menantang. Teknik-teknik memperkaya pekerjaan, seperti memberikan peran dalam pengambilan keputusan, tanggung jawab yang lebih besar, kebebasan dan keleluasaan kerja yang lebuh besar dengan tujuan untuk meningkatkan harga diri karyawan, secara instrinsik marupakan imbalan bagi karyawan.
Imbalan ekstrinsik  mencakup konpensasi langsung, konpensasi tidak langsung dan imbalan bukan uang. Termasuk konpensasi langsung  antara lain adalah gaji pokok, upah lembur, pembayaran intensif, tunjangan bonus, sedangkan yang termasuk konpensasi tidak langsung jaminan sosial, asuransi, pensiun, pesangon, cuti kerja, pelatihan dan liburan. Imbalan bukan uang adalah kepuasan yang diterima karyawan dari pekerjaan itu sendiriatau dari lingkungan psikologis dimana karyawan itu bekerja. Termasuk imbalan karyawan bukan uang adalah rasa aman, pengembangan diri, fleksibel karier, peluamg kenaikan penghasilan, simbol status, pujian dan pengkuan.
D.     KESIMPULAN 

Bagi perusahan karyawan adalah salah satu sumber daya yang amat dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sebaiknya bagi karyawan yang mempunyai  berbagai macam kebutuhan, perusahaan merupakan salah satu tempat yang dapat memuaskan kebutuhan. Ada dua hal yang harus diingat oleh perusahan dalam pemberian kompensasi, pertama, konpensasi yang dirasakan harus dirasakan adil oleh karyawan, kedua, besarnya kompensasi tidak jauh berbeda dengan yang diharapkan oleh karyawan. Apabila dua hal ini dapat dipenuhi maka karyawan akan memicu terus meningkatkan kinerjannya, sehhingga tujuan perusahan maupun kebutuhan karyawan akan tercapai secara bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar